Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Materi Sifat-sifat Bangun Datar melalui Pembelajaran Matematika Realistik di Sekolah Dasar Negeri Kluwut 04 Bulakamba Brebes

ABSTRAK
Ula, Mutamimatul. 2012. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa  Kelas V pada Materi Sifat-Sifat Bangun Datar melalui Pembelajaran Matematika Realistik di Sekolah Dasar Negeri Kluwut 04 Bulakamba Brebes. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: I. Drs. Yuli Witanto, II. Drs. Utoyo.

Kata Kunci: Aktivitas Belajar Siswa, Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran Matematika Realistik

Hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran matematika materi sifat-sifat bangun datar tahun pelajaran 2010/2011 masih rendah. Hal ini terjadi karena penyampaian materi pelajaran oleh guru didominasi dengan penggunaan metode ceramah dan kurang mengaitkan materi pelajaran dengan dunia nyata, sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Untuk mencapai hasil yang optimal, guru perlu menggunakan pendekatan pembelajaran yang dapat membantu siswa mengaitkan materi pelajaran dengan kehidupan sehari-hari siswa, sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna. Pendekatan tersebut yaitu Pembelajaran Matematika Realistik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V serta performansi guru pada materi sifat-sifat bangun datar melalui Pembelajaran Matematika Realistik di SD Negeri Kluwut 04 Brebes.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri Kluwut 04 tahun pelajaran 2011/2012 sejumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes (tes formatif) dan non tes (observasi dan dokumentasi). Indikator keberhasilan pada penelitian ini yaitu nilai rata-rata kelas ≥ 65 dan persentase tuntas belajar klasikal  75%, dan keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran ≥ 75%, serta nilai performansi guru ≥ 75.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa, aktivitas belajar siswa, dan performansi guru dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, nilai rata-rata hasil belajar siswa mencapai 69,44 dan persentase tuntas belajar klasikal 69,44%, sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar menjadi 80,30 dan persentase tuntas belajar klasikal menjadi 86,11%. Keterlibatan siswa dalam pembelajaran siklus I 71,76% dan siklus II menjadi 78,40%. Nilai performansi guru pada siklus I 83,01 dan meningkat pada siklus II menjadi 87,52. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran Matematika Realistik dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, hasil belajar siswa, dan performansi guru dalam pembelajaran matematika materi sifat-sifat bangun datar di kelas V SD Negeri Kluwut 04 Brebes. Oleh karena itu, guru dapat menggunakan Pembelajaran Matematika Realistik sebagai alternatif pendekatan pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah.


Skripsi Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Materi Sifat-sifat Bangun Datar melalui Pembelajaran Matematika Realistik di Sekolah Dasar Negeri Kluwut 04 Bulakamba Brebes, bisa anda download DISINI

Previous
Next Post »