ABSTRAK
Ula, Mutamimatul. 2012.
Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar
Siswa Kelas V pada Materi Sifat-Sifat
Bangun Datar melalui Pembelajaran Matematika Realistik di Sekolah Dasar Negeri
Kluwut 04 Bulakamba Brebes. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar,
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: I. Drs. Yuli
Witanto, II. Drs. Utoyo.
Kata Kunci: Aktivitas Belajar
Siswa, Hasil Belajar Siswa, Pembelajaran Matematika Realistik
Hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran matematika
materi sifat-sifat bangun datar tahun pelajaran 2010/2011 masih rendah. Hal ini terjadi karena penyampaian materi pelajaran oleh guru
didominasi dengan penggunaan metode ceramah dan kurang mengaitkan materi
pelajaran dengan dunia nyata, sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran.
Untuk mencapai hasil yang optimal, guru perlu menggunakan pendekatan
pembelajaran yang dapat membantu siswa mengaitkan materi pelajaran dengan
kehidupan sehari-hari siswa, sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna.
Pendekatan tersebut yaitu Pembelajaran Matematika Realistik. Tujuan penelitian
ini yaitu untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V serta
performansi guru pada materi sifat-sifat bangun datar melalui Pembelajaran
Matematika Realistik di SD Negeri Kluwut 04 Brebes.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan
dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan,
tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V SD
Negeri Kluwut 04 tahun pelajaran 2011/2012 sejumlah 36 siswa. Teknik
pengumpulan data dilakukan melalui tes (tes formatif) dan non tes
(observasi dan dokumentasi). Indikator
keberhasilan pada penelitian ini yaitu nilai rata-rata kelas ≥ 65 dan persentase tuntas belajar klasikal
75%, dan keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran ≥
75%, serta nilai performansi guru ≥ 75.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa,
aktivitas belajar siswa, dan performansi guru dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, nilai rata-rata hasil belajar siswa mencapai 69,44 dan
persentase tuntas belajar klasikal 69,44%, sedangkan pada siklus II rata-rata
hasil belajar menjadi 80,30 dan persentase tuntas belajar klasikal menjadi
86,11%. Keterlibatan siswa dalam pembelajaran siklus I 71,76% dan siklus II menjadi 78,40%. Nilai performansi guru pada siklus I 83,01 dan meningkat pada siklus II menjadi 87,52. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa
Pembelajaran Matematika Realistik dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa,
hasil belajar siswa, dan performansi guru dalam pembelajaran matematika materi
sifat-sifat bangun datar di kelas V SD Negeri Kluwut 04 Brebes. Oleh karena
itu, guru dapat menggunakan Pembelajaran Matematika Realistik sebagai
alternatif pendekatan pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di
sekolah.
Skripsi Peningkatan Aktivitas dan Hasil
Belajar Siswa Kelas V pada Materi Sifat-sifat Bangun Datar melalui Pembelajaran
Matematika Realistik di Sekolah Dasar Negeri Kluwut 04 Bulakamba Brebes, bisa anda download DISINI
ConversionConversion EmoticonEmoticon